Materi IPA Kelas 7: Pengertian Gaya, Macam-macam Gaya dan Percepatan

9:22 PM
Gaya adalah suatu dorongan atau tarikan yang dapat menyebabkan perubahan bentuk benda, arah gerak benda, dan kecepatan gerak benda. Gaya merupakan suatu besaran yang memiliki besar dan arah. Oleh karena itu, gaya termasuk besaran vector. 
 
Pengertian Gaya dan Percepatan
Dalam fisika, terdapat perjanjian (konvensi) tentang tanda arah positif dan arah negative dari suatu gaya. Gaya bernilai positif jika gaya itu mempunyai arah ke kanan atau ke atas, sedangkan gaya dengan arah ke kiri atau ke bawah bernilai negative.

Satuan gaya dalam SI adalah newton (disingkat N), sedangkan satuan gaya dalam cgs adalah dyne (disingkat dn). Hubungan antara newton dengan dyne adalah sebagai berikut.
1 newton = 10^5 dyne

1 newton senilai dengan besarnya gaya yang dapat memberikan percepatan sebesar 1 m/s2 pada benda yang memiliki massa 1 kg.
1 N = 1 kg m/s2

1 dyne adalah besar gaya yang dapat memberikan percepatan sebesar 1 cm/s2 pada benda bermassa 1 gram.
1 dyne = 1 g cm/s2
Gaya dapat dilukiskan dengan garis berarah (anak panah)

Resultan Gaya
Gaya-gaya yang Segaris dan Searah
Jika gaya-gaya yang segaris dan searah itu lebih dari satu, besar resultan gaya-gaya tersebut adalah jumlah semua gaya itu.
R = F1 + F2 + F3 + ….

Gaya-gaya yang Segaris dan Berlawanan Arah
Jika ada lebih dari dua gaya yang segaris dan berlawanan arah maka gaya yang mempunyai arah ke kanan bertanda positif, sedangkan gaya yang mempunyai arah ke kiri bertanda negative.
R = Fbesar - Fkecil

Macam-macam Gaya
1. Gaya otot
Gaya otot merupakan gaya yang dilakukan oleh otot-otot tubuh kita. Misalnya, ketika kita menendang bola, maka kita mengarahkan gaya otot kita.

2. Gaya Magnet
Gaya magnet adalah gaya yang diakibatkan oleh magnet. Misalnya, ketika kita mendekatkan magnet batang pada paku besi.

3. Gaya Gravitasi Bumi
Gaya gravitasi bumi merupakan gaya yang diakibatkan oleh gaya tarik Bumi terhadap benda di permukaan Bumi.

4. Gaya Mesin
Gaya mesin merupakan gaya yang dihasilkan atau diakibatkan oleh kerja mesin. Gaya mesin sangat membantu aktivitas kita.

5. Gaya Listrik
Gaya listrik merupakan gaya yang dihasilkan atau diakibatkan oleh muatan-muatan listrik.

6. Gaya Pegas
Gaya pegas merupakan gaya yang dihasilkan atau diakibatkan oleh kerja benda elastis. Contoh gaya pegas yang dihasilkan ketapel dan busur panah.

Gaya Gesek
Gaya gesek yang terjadi pada benda belum bergerak disebut gaya gesek statis, sedangkan gaya gesek yang terjadi setelah benda bergerak disebut gaya gesek kinetis.

Contoh gaya gesek yang menguntungkan antara lain:
a. Alas kaki sepatu dan sandal dibuat dari bahan karet atau sejenisnya, dan bentuknya dibuat sedemikian sehingga jika dipakai akan menahan pemakainya agar tidak terpeleset.
b. Ban mobil, ban sepeda, dan ban sepeda motor dibuat dari karet dan bentuknya didesain sedemikian sehingga memperbesar gaya gesek antara ban dengan jalan raya yang juga dibuat kasar.

Contoh gaya gesek yang merugikan antara lain:
a. Gir roda dan rantai pada sepeda dan sepeda motor yang sering bergesekan dapat aus atau rusak.
b. Pada mesin-mesin mobil, sepeda motor, atau mesin-mesin di pabrik selalu terjadi gesekan antara bagian-bagian mesin itu sehingga cepat aus atau rusak.

Gaya dan Percepatan
Percepatan adalah perubahan kecepatan per satuan waktu. Percepatan gerak benda terjadi karena ada gaya yang bekerja pada benda tersebut. Jika gaya searah dengan arah gerak benda, benda akan mengalami percepatan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »